Soal-Soal
Ujian Semester VI
Perancangan Percobaan
1. Dilakukan
uji spesies untuk empat jenis tanaman, yaitu Gmelina arborea (A), Acacia
mangium (B), Maesopsis eminii
(C), dan Octomeles sumatrana (D). Uji
ini dilakukan pada lahan yang mempunyai dua keragaman kelerengan. Berikut data
pengukuran tinggi tanaman (cm) pada umur tiga tahun.
Kolom
Baris
|
K1
|
K2
|
K3
|
K4
|
B1
|
A 35,2
|
B 36,1
|
C 37,0
|
D 39,5
|
B2
|
B 35,7
|
C 37,3
|
D 39,2
|
A 35,7
|
B3
|
C 37,0
|
D 39,7
|
A 35,9
|
B 36,5
|
B4
|
D 39,9
|
A 35,3
|
B 36,2
|
C 37,1
|
2. Suatu
penelitian uji spesies (species trial) dilakukan untuk mengetahui
pertumbuhan terbaik antara spesies tanaman yang diuji. Penelitian dilakukan
pada suatu areal yang mempunyai dua keragaman lingkungan. Jenis tanaman yang
diuji:
a. Acacia
mangium (Am)
b. Acacia
crassicarpa (Ac)
c. Paraserianthes
falcataria (Pf)
d. Swietenia
mahagony (Sm)
Pengukuran
tinggi dilakukan pada umur 6 bulan, dengan hasil sbb (dalam cm):
Baris
|
Kolom
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1
|
Ac
164
|
Sm
121
|
Pf
142,5
|
Am
134,5
|
2
|
Pf
147,5
|
Am
118,5
|
Sm
140
|
Ac
129
|
3
|
Am
167
|
Pf
71
|
Ac
166,5
|
Sm
118
|
4
|
Sm
156,5
|
Ac
129
|
Am
165,5
|
Pf
66
|
a. Jelaskan
rancangan lingkungan yang digunakan!
b. Buat
model liniernya!
c. Buat
hipotesisnya!
d. Buat
Anava-nya!
e. Buat
kesimpulan anda!
f. Spesies
mana yang anda rekomendasikan?
3. Jelaskan
apa yang anda ketahui tentang istilah-istilah berikut: unit percobaan,
perlakuan, perancangan percobaan, ulangan, unit pengamatan, rancangan
lingkungan, rancangan perlakuan, rancangan pengukuran, satuan amatan, dan
pengacakan!
4. Untuk
mengetahui apakah pemberian pupuk yang berbeda memberikan tingkat pertumbuhan
yang berbeda, seorang peneliti melakukan percobaan di lapangan dengan 4 dosis
pemupukan (0, 100, 200, 300 kg/ha) yang diberikan terhadap tanaman rami. Setiap
perlakuan diulang 5 kali dan unit percobaannya adalah petak lahan 3x4 m2.
Data pengamatannya diperoleh sebagai berikut:
Dosis
Pupuk
|
Ulangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
0
|
5,5
|
5,0
|
4,8
|
5,2
|
6,0
|
100
|
3,0
|
3,5
|
3,8
|
4,0
|
4,5
|
200
|
6,0
|
5,8
|
5,5
|
6,5
|
6,8
|
300
|
6,5
|
6,0
|
7,5
|
7,3
|
5,8
|
- Tentukan rancangan yang digunakan dalam percobaan tersebut!
- Berapa satuan percoban yang ada?
- Gambarkan model pengacakan yang sesuai dengan rancangan percobaan!
- Susunlah tabel sidik ragam dan lakukan pengujian pada taraf nyata 5%!
- Apa kesimpulan yang dapat anda tarik?
5. Seorang
mahasiswa pascasarjana ingin meneliti tentang tingkat produksi beberapa varietas
padi gogo dengan frekuensi penyiangan yang berbeda. Varietas padi gogo yang
dicobakan yaitu A (V1), B (V2), dan C (V3),
sedangkan frekuensi penyiangan yang dilakukan adalah tanpa penyiangan (P1),
satu kali penyiangan (P2), dan dua kali penyiangan (P3) dalam
satu musim tanam. Ulangan setiap kombinasi perlakuan adalah sebanyak 5 kali.
Lokasi percobaan yang digunakan kondisi kesuburannya tidak merata. Jika anda
diminta saran untuk merancang percobaan tersebut, jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut:
a. Apa
rancangan percobaan yang anda sarankan untuk digunakan? Kenapa?
b. Berapa
jumlah unit/satuan percobaannya?
c. Buatlah
layout dari rancangan percobaan yang anda sarankan!
d. Berdasarkan
model yang anda sarankan dan diperoleh informasi bahwa varietas padi gogo
bersifat acak, lengkapilah tabel sidik ragam di atas!
Sumber
|
Db
|
JK
|
KT
|
Fhit
|
Ftab
|
Varietas (V)
|
…
|
…
|
103,125
|
6,00
|
3,266
|
Penyiangan (P)
|
…
|
…
|
…
|
4,55
|
…
|
V x P
|
…
|
…
|
…
|
3,67
|
2,639
|
Galat
|
…
|
550
|
…
|
|
|
e. Apa
kesimpulan yang dapat anda tarik?
6. Seorang
mahasiswa kehutanan ingin mengetahui pengaruh pemberian dosis CMA (Cendawan
Mikoriza Arbuskular) dan pemupukan P (Phosfor) terhadap pertumbuhan tinggi
semai Shorea spp. Penelitian dilakukan di rumah kaca, dengan ulangan
sebanyak 3 kali. Baik pemberian CMA maupun pemupukan P dianggap sama
pentingnya. Pemberian CMA ada tiga taraf, yaitu: M1 = 5 gr/polibag,
M2 = 10 gr/polibag, M3 = 15 gr/polibag, sedangkan
pemupukan P juga tiga taraf yaitu: P1 = 10 gr/polibag, P2
= 20 gr/polibag dan P3 = 30 gr/polibag. Hasil pengamatan tinggi
semai Shorea spp pada umur 6 bulan (dalam cm) adalah sebagai berikut:
Kombinasi Perlakuan
|
Ulangan
|
||
1
|
2
|
3
|
|
M1P1
|
42,9
|
53,3
|
62,3
|
M1P2
|
53,8
|
57,6
|
63,4
|
M1P3
|
49,5
|
59,8
|
64,5
|
M2P1
|
44,4
|
64,1
|
63,6
|
M2P2
|
41,6
|
69,6
|
58,5
|
M2P3
|
58,5
|
69,6
|
50,4
|
M3P1
|
53,8
|
65,8
|
46,1
|
M3P2
|
41,8
|
57,4
|
56,1
|
M3P3
|
28,9
|
45,4
|
44,6
|
Pertanyaan:
a. Rancangan
percobaan apa yang tepat untuk penelitian tersebut? Sertakan alasannya!
b. Buat
model linear dan hipotesis untuk percobaan tersebut!
c. Buat
analisis sidik ragamnya dan uji nilai tengahnya!
d. Apa
kesimpulan yang anda sarankan dari percobaan tersebut?
7. Balai
karantina ingin mengetahui pengaruh pemberian fungisida denga berbagai dosis
(0, 16, 32, 48, 64 gr/m3) dengan lama fumigasi yang berbeda (2 dan 4
jam) terhadap daya kecambah benih mangium. Metode pengecambahan yang digunakan
adalah Growing on Test. Unit percobaan yang digunakan diasumsikan
homogeny. Data yang diperoleh sebagaimana terdapat pada tabel berikut:
Lama Fumigasi (Jam)
|
Ulangan
|
Dosis Fumigan (g/cm3)
|
Rata-rata
|
||||
0
|
16
|
32
|
48
|
64
|
|||
2
|
1
|
96
|
92
|
92
|
74
|
50
|
|
2
|
98
|
88
|
94
|
74
|
50
|
|
|
3
|
94
|
90
|
84
|
68
|
54
|
|
|
Rerata
|
96
|
90
|
90
|
72
|
51,33
|
79,87
|
|
4
|
1
|
90
|
88
|
78
|
0
|
0
|
|
2
|
94
|
92
|
82
|
0
|
0
|
|
|
3
|
92
|
94
|
74
|
0
|
0
|
|
|
Rerata
|
92
|
91,333
|
78
|
0
|
0
|
52,27
|
|
|
94
|
90,667
|
84
|
36
|
25,67
|
66,07
|
Pertanyaan:
a. Tentukan
rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian tersebut! Jelaskan dengan
singkat dan jelas!
b. Tuliskan
model linier dari rancangan anda pada butir a, lengkapi dengan keterangan!
c. Susunlah
tabel sidik ragamnya untuk pengaruh perlakuan dengan galat sebesar 5%!
d. Lakukan
uji lanjutan dengan menggunakan metode Beda Nyata Jujur (HSD)!
8. Seorang
mahasiswa kehutanan ingin melakukan penelitian ulangan tentang pengaruh
pemberian fungi mikoriza arbuskula (FMA) pada beberapa jenis Akasia. Jenis
akasia yang digunakan adalah A1, A2, dan A3
sedangkan pemberian mikoriza terdiri atas tanpa mikoriza (kontrol), 10 gr FMA
dan 20 gr FMA. Ulangan setiap kombinasi perlakuan adalah sebanyak 5 kali.
Penanaman dilakukan di lapangan di mana kondisi kesuburan tanahnya tidak
merata.
a. Jika
anda diminta saran untuk merancang percobaan tersebut, apa rancangan percobaan
yang anda sarankan untuk digunakan? Mengapa?
b. Jika
ringkasan tabel sidik ragam dari data pertumbuhan sebelumnya diperoleh sebagai
berikut:
SK
|
db
|
JK
|
KT
|
Fhit
|
Ftab
|
Jenis
Akasia (A)
|
…
|
…
|
…
|
6,00
|
…
|
Mikoriza
(M)
|
…
|
…
|
…
|
4,55
|
…
|
A
x M
|
…
|
…
|
…
|
3,67
|
…
|
Galat
|
…
|
550
|
…
|
|
|
Lengkapilah
tabel sidik ragam tersebut dan apa kesimpulan and tentang pengaruh kedua
perlakuan tersebut!
9. Berikut
ini adalah data hasil pengukuran produksi getah (gr) Kemenyan Toba (Styrax
sumatrana) pada berbagai kelas umur pohon:
Kelas Umur Pohon
|
Ulangan
|
Total
|
Rataan
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
|||
P1 (10-14 tahun)
|
115
|
86,78
|
84,98
|
93,28
|
380,04
|
95,01
|
P2 (15-19 tahun)
|
132,54
|
142,64
|
137,96
|
117,84
|
530,98
|
132,74
|
P3 (20-24 tahun)
|
187,86
|
202,52
|
201,83
|
159,76
|
751,97
|
187,99
|
P4 (25-29 tahun)
|
171,6
|
145,28
|
158,12
|
145,26
|
620,26
|
155,06
|
P5 (30-34 tahun)
|
124,6
|
108,9
|
102,3
|
102,54
|
438,34
|
109,58
|
Jumlah
|
731,6
|
686,12
|
685,19
|
618,68
|
2721,59
|
680,38
|
Pertanyaan:
a. Buatlah
model linier (model matematik) dari penelitian tersebut!
b. Susunlah
hipotesis dari penelitian tersebut!
c. Ujilah
hipotesis yang saudara buat tersebut dengan dasar analisis sidik ragam!
d. Tariklah
kesimpulan berdasarkan hasil analisis sidik ragam saudara!
10. Terdapat
suatu penelitian mengenai kandungan nitrogen dari tanaman sengon yang
diinokulasi dengan Rhizobium trifolii ditambah gabungan dari lima strain
Rhizobium meliloiti. Terdapat enam perlakuan di mana 5 perlakuan
merupakan penularan R. trifolii dan salah satu strain R. meliloiti
serta satu perlakuan merupakan gabungan dari semua strain. Inokulasi dilakukan
di rumah kaca pada lima pot tanaman. Jumlah pot yang disediakan adalah 30 buah
dengan tanaman yang serupa. Inokulasi keenam perlakuan dilakukan secara acak.
Hasil pengukuran kandungan nitrogen sebagaimana pada tabel berikut:
Perlakuan
|
|||||
Dok-1
|
Dok-4
|
Dok-5
|
Dok-7
|
Dok-13
|
Gabungan
|
19,4
|
17,7
|
17,0
|
20,7
|
14,3
|
17,3
|
32,6
|
24,8
|
19,4
|
21,0
|
14,4
|
19,4
|
27,0
|
27,9
|
9,1
|
20,5
|
11,8
|
19,1
|
32,1
|
25,2
|
11,9
|
18,8
|
11,6
|
16,9
|
33,0
|
24,3
|
15,8
|
18,6
|
14,2
|
20,8
|
∑
|
∑
|
∑
|
∑
|
∑
|
∑
|
|
|
|
|
|
|
Jika
anda diminta saran untuk rancangan penelitian tersebut, jawablah pertanyaan
berikut:
a. Apa
rancangan percobaan yang anda sarankan? Kenapa?
b. Lengkapilah
tabel sidik ragam berikut:
SK
|
db
|
JK
|
KT
|
Fhit
|
Ftab
|
Perlakuan
|
…
|
…
|
…
|
14,37
|
…
|
Galat
|
…
|
…
|
11,79
|
…
|
…
|
Total
|
…
|
1129,98
|
…
|
…
|
…
|
c. Lakukan
pengujian untuk mengetahui perbedaan pengaruh antar perlakuan dengan uji DMRT.
Pemasaran Hasil Hutan
1.
Ruang
lingkup pemasaran (marketing) lebih
luas atau lebih sempit dari penjualan (selling)?
Jelaskan jawaban anda!
2.
Pemasaran
Hasil Hutan Kayu
1.
Apa
yang dimaksud dengan kayu komersil?
2.
Di
dunia perdagangan kayu dikenal ” Kayu Borneo ”. Sebenarnya kayu Borneo itu apa?
3.
Dewasa
ini banyak dibudidayakan dan dipasarkan bibit jati super. Menurut pengetahuan
yang sudah anda terima dan dipelajari apakah jati super tersebut sama dengan Tectona grandis? Jelaskan jawaban anda!
3. Pemasaran
Produk Panel Kayu (Plywood)
Saat produsen kayu lapis dunia sedang lesu (hampir tidak
berproduksi) muncul Cina menjadi pemain tunggal di industri ini. Mengapa Cina
bisa eksis sementara negara lain tidak (termasuk Indonesia)?
4.
Pemasaran
Madu
Permintaan/pasar madu terbuka lebar, utamanya untuk
kawasan Timur Tengah. Berikan analisa anda mengapa Indonesia tidak bisa
memenuhi/kewalahan memenuhi pangsa pasar ini?
5.
Pemasaran
Minyak Atsiri
1.
Apa
perbedaan minyak ekaliptus dan minyak kayu putih?
2.
Apa
yang anda ketahui mengenai minyak nilam?
6.
Pemasaran
Jasa Lingkungan
Jelaskan 5 tempat di kawasan Prop. Sumut yang anda anggap
berpotensi untuk dikembangkan menjadi daerah wisata!
7.
Pemasaran
Jati di Perhutani
Sistem penjualan kayu Jati di Perum Perhutani ada berapa
metode? Sebutkan dan jelaskan dengan lengkap!
Penggergajian
Kayu
1.
Jelaskan
prospektif industri penggergajian!
2.
Jelaskan
apa saja yang dilakukan ketika akan mendirikan penggergajian (pertimbangan
faktor-faktor yang berpengaruh)!
3.
Jelaskan
pentingnya industri penggergajian!
4.
Jelaskan
yang anda ketahui tentang Headrig!
5.
Jelaskan
secara lengkap semua hal yang berkaitan mengenai: Circular Saw, Band Saw, Gang
Saw, dan Transportable Saw.
6.
Jelaskan
tipe dan bentuk resaw berdasarkan fungsinya!
7.
Jelaskan
secara lengkap yang and ketahui tentang edger, cut off saw, dan trimmer!
8.
Sebut
dan jelaskan mesin pembantu dalam industri penggergajian!
9.
Jelaskan proses produksi di industri
penggergajian!
10. Jelaskan
arti dan peranan dari sawdoctoring!
11. Jelaskan
pengertian-pengertian berikut ini dengan singkat dan jelas: kapasitas produksi,
kapasitas terpasang, kapasitas input, kapasitas output, kapasitas nyata,
kapasitas penuh, rendemen, layout mesin, cant, resawing,
dan trimmer!
12. Jelaskan
keuntungan dengan adanya ukuran standard (sortimen)!
13. Tentukan target size untuk ukuran tebal kayu
gergajian di bawah ini jika diketahui ukuran pemakaiannya adalah 1,75 cm, susut
tangensial 10%, tebal penyerutan adalah 0,75 cm kemudian kayu akan dipakai pada
KA 12%. Apa
yang dapat anda simpulkan dari hasil tersebut? (z = 1,65)
Tabel
hasil pengukuran tebal kayu gergajian.
No.
Sampel
|
Pengukuran
tebal ke – (cm)
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1
|
1,68
|
1,70
|
1,77
|
1,74
|
2
|
1,70
|
1,69
|
1,69
|
1,65
|
3
|
1,71
|
1,74
|
1,74
|
1,70
|
4
|
1,69
|
1,64
|
1,62
|
1,66
|
5
|
1,78
|
1,77
|
1,79
|
1,81
|
6
|
1,77
|
1,79
|
1,81
|
1,83
|
7
|
1,79
|
1,82
|
1,83
|
1,80
|
8
|
1,74
|
1,73
|
1,75
|
1,77
|
14. Jelaskan pentingnya analisis biaya dalam industri
penggergajian kayu!
15. Jelaskan 3 parameter yang akan diketahui dalam
analisis biaya industri penggergajian!
16. Parameter apa yang menentukan kelayakan suatu
industri penggergajian?
17. Jelaskan pengertian limbah dan bentuk-bentuknya!
18. Jelaskan limbah penggergajian dan bentuk-bentuk
limbah penggergajian!
19. Jelaskan lokasi terjadinya limbah pada industri
penggergajian!
20. Jelaskan dengan singkat pemanfaatan limbah industri
penggergajian!
21. Jelaskan keuntungan tenaga listrik sebagai tenaga
penggerak pada industri penggergajian!
22. Jelaskan apa yang dimaksud kecepatan pengumpanan dan
hal-hal apa saja yang mempengaruhinya!
23. Jelaskan tujuan dilakukannya penumpukan kayu pada
industri penggergajian!
24. Jelaskan mengapa pengujian dan pengawasan mutu perlu
dilakukan pada industri penggergajian kayu!
25. Jelaskan sistem-sistem pengujian yang digunakan
untuk menguji kualitas kayu gergajian!
Biokomposit
1.
Apa perbedaan
mata kuliah Panel-Panel Kayu dengan mata kuliah Biokomposit?
2.
Apa perbedaan
produk panel untuk penggunaan struktural dan non-struktural?
3.
Apa perbedaan
OSB dengan papan partikel?
4.
Apa perbedaan
papan partikel dengan papan serat?
5.
Apa perbedaan
proses basah dan proses kering?
6.
Buatlah bagan
proses pembuatan kayu lapis dan jelaskan!
7.
Jelaskan
sifat-sifat umum kayu lapis!
8.
Jelaskan
keuntungan kayu lapis!
9.
Jelaskan
proses pembuatan blackboard!
10. Ada perbedaan penggunaan tekanan kempa pada
pembuatan blackboard, jelaskan! Dan mengapa terdapat perbedaan tersebut?
T-F (True-False)
11. Basic concept of inorganic bonded particle board is
determined by lignocellulosic materials + organic materials.
12. Inorganic binders fall into three main categories:
gypsum, magnesia cement, and Portland cement.
13. Inorganic-bonded composites are very resistant to
deterioration, particularly by insects, vermin, and fire.
14. The reactions that cause setting and hardening are
collectively described as hydrogenation reactions.
15. 2Ca3SiO3 + 6H2O →
Ca3Si2O7.3H2O + 3Ca(OH)2
is hardening reaction in curing process of cement board.
16. Portland cement contains four basic chemical
elements including silicon and calcium which are quoted as oxides.
17. The most dominant of chemical element content in
Portland cement is β-dicalcium silicate.
18. Portland cement that contain of high tricalcium
silicate element will have higher compressive strength.
19. Cement based on calcium silicates or aluminates, and
cement not based on calcium silicates or aluminates was categorized into
Portland cement.
20. Inorganic-bonded wood composites are molded products
or boards that contain between 10% and 70% by weight wood particles or fibers
and conversely 90% to 30% inorganic binder.
21. Strengthness of cement board manufacturing
technology are long time in setting and hardening, higher specivic gravity if
compared other composite product.
22. Soluble carbohydrates, glucosides, phenolic
compounds, and extractives are good accelerator that can influence of quality
of board.
23. Adding accelerator, increasing temperature in curing
process and autoclaving, adding CO2 are several efforts to decrease
of curing time.
24. Glulam is produced by face-laminating lumber to form
beam.
25. Individual lamina are generally between 19 and 38 cm
thick.
26. Compared to solid sawn timber, wider, deeper,
longer, and stronger beam can be manufactured with glulam technology.
27. Application of glulam for engineered beam include
structure such as field houses, bridges, residential and commercial building.
28. Fire performance of gulam timber is generally very
good because of their inherently small size.
29. Structural glulam beam can not be pressure treated
with preservative for use in decay-susceptible situation.
30. In glulam, approximately 340 g of adhesive mix are
required for every square meter of single glue line.
31. Design freedom, warmth of appearance, environmental
soundness and availability allow glulam timber to compete not only with solid
timber but also with other structural product.
32. LVL is made not of lumber but rather of sheets of
veneer that are face laminated to build up member depth.
33. Veneer thicknesses for LVL range from approximately
1,5-6 mm.
34. LVL is layed up with all of the veneer layers
oriented not parallel to the long axis of the piece.
35. The objective of veneer grading is to get product
with predictable and relatively uniform strength properties.
36. In LVL, weight of adhesive applied to veneer 170-195
g/m2 for double glue line.
37. LVL is cheaper than solid sawn lumber but has
several technical advantages that make it a popular product for applications
needing straightness, high strength, or long lengths.
38. Strand size for PSL: 20 mm (wide), 4 mm (thick), up
to 1 m (long).
39. Strand size for OSL: 30 cm (long), 2-5 cm (wide).
40. One of advanteg lumber product is produced of
relatively large size from small log, so environmental impact on mature forest
resources is reduced.
Praktikum Biokomposit
1. Jelaskan
secara detail proses pembuatan papan partikel di workshop meliputi jenis partikel, perekat, perhitungannya, suhu dan
tekanan yang dipakai!
2. Apa
fungsi pengujian pengembangan tebal dan alat bantu apa yang dipakai?
3. Apa
yang dimaksud dengan tekanan spesifik?
4. Apa
fungsi pengempaan dingin?
5. Jelaskan
ikatan yang terjadi antara perekat dengan partikel!
6. Jelaskan
uji dimensi kayu lapis (bagian yang diuji dan cara pengujian)!
7. Tuliskan
bahan dan alat yang digunakan dalam pengujian kayu lapis!
8. Jelaskan
cara pembuatan contoh uji apabila dilakukan uji laboratoris!
9. Jelaskan
hasil pengujian secara visual pada contoh uji saudara!
Pengembangan
Wilayah
- a. Apa yang dimaksud dengan wilayah?
b.
Jelaskan mengenai jenis-jenis wilayah yang ada dan jelaskan wilayah dengan
pengertian yang mana yang sering digunakan dalam pengembangan wilayah!
- a. Apa yang dimaksud dengan teori lokasi?
b.
Jelaskan secara ringkas teori lokasi menurut Von Thunen!
c.
Jelaskan tentang pemilihan lokasi secara komprehensif!
- a. Jelaskan bagaimana memilah antara kegiatan basis dan non basis!
b.
Diketahui pendapatan dari suatu sektor Kabupaten X:
Pendapatan pada tingkat wilayah: Rp. 1.047.600
Pendapatan total wilayah: Rp. 15.706.830
Pendapatan pada tingkat nasional: Rp. 5.594.830
Pendapatan non basis: Rp. 14.659.230
Pendapatan total nasional: Rp. 1.147.410.000
Pendapatan basis: Rp. 104.760.000
Hitunglah:
·
Nilai LQ, dan jelaskan apakah sektor ini
termasuk basis atau bukan!
·
Pengganda pendapatan jangka pendek!
- Diketahui suatu Tabel Koefisien Input dari perekonomian suatu wilayah sebagai berikut:
Sektor
|
Pertanian
|
Industri
|
Pertanian
|
20/200 = 0,10
|
60/100 = 0,60
|
Industri
|
40/200 = 0,20
|
20/100 = 0,20
|
Masyarakat
|
140/200 = 0,70
|
20/100 = 0,20
|
Total Input
|
200/200 = 1,00
|
100/100 = 1,00
|
Tabel
ini dapat digunakan untuk meramalkan perubahan keseluruhan sektor seandainya
ada salah satu sektor yang berubah. Misalnya, pada tahun berikutnya ada
permintaan dari wilayah tetangga sehingga permintaan akhir produk industri
diperkirakan meningkat Rp. 20 M, yaitu dari Rp. 40 M menjadi Rp. 60 M.
Bagaimanakah dampaknya terhadap keseluruhan sektor? Diketahui permintaan akhir
pada sektor pertanian adalah Rp. 120 M.
- Jelaskan secara ringkas mengenai isi dari jurnal yang saudara kumpulkan sebagai tugas!
- Jika di Kota Medan terdapat kegiatan industri, kemudian bahan baku yang dibutuhkan diperoleh dari daerah di sekitarnya sehingga tumbuhlah aneka kegiatan ekonomi untk menghasilkan bahan baku tersebut. Berarti Kota Medan memberikan … terhadap wilayah di sekitarnya.
- Backwash effect
- Forward linkage effect
- Backward linkage effect
- Multiplier effect
- Jika di Kota Medan terdapat kegiatan industri, kemudian produknya banyak digunakan oleh daerah di sekitarnya untuk menghasilkan aneka jenis produk akhir. Berarti Kota Medan memberikan … terhadap wilayah di sekitarnya.
- Backwash effect
- Forward linkage effect
- Backward linkage effect
- Multiplier effect
- Jika di Kota Medan terdapat suatu kegiatan ekonomi yang dengan itu menyebabkan adanya peningkatan pendapatan masyarakat Kota Medan, kemudian menyebabkan peningkatan daya beli dan kebutuhan aneka produk konsumtif yang didatangkan dari wilayah sekitarnya. Berarti Kota Medan memberikan … terhadap wilayah di sekitarnya.
- Backwash effect
- Forward linkage effect
- Backward linkage effect
- Multiplier effect
- Jika di wilayah pedesaan sekitar Kota Medan menghasilkan berbagai jenis komoditi hasil pertanian, kemudian hampir keseluruhannya dijual ke Kota Medan di mana terdapat kegiatan industri yang mengolah komoditi-komoditi tersebut dan penduduk terdidik di pedesaan berbondong-bondong bekerja di Kota Medan karena kurangnya lapangan pekerjaan di pedesaan, berarti Kota Medan memberikan … terhadap wilayah di sekitarnya.
- Backwash effect
- Forward linkage effect
- Backward linkage effect
- Multiplier effect
- Berikut adalah karakteristik masyarakat di kawasan sekitar hutan, kecuali:
- Tingkat pendidikan umumnya rendah
- Tingkat kosmopolitan umumnya tinggi
- Tingkat ketergantungan terhadap sumber daya alam umumnya tinggi
- Perilaku ekonomi umumnya eksploitatif
- Berikut adalah fungsi-fungsi dari kota satelit dari suatu kota pusat pertumbuhan ekonomi, kecuali:
- Fungsi pelayanan jasa perdagangan
- Fungsi pemukiman
- Fungsi manufaktur (industri)
- Fungsi produksi bahan baku
B-S
(Benar-Salah)
- Pengembangan kawasan dengan konsep agropolitan adalah konsep pengembangan wilayah yang diperuntukkan khusus bagi kawasan yang merupakan dataran tinggi.
- Lokalitas adalah pengembangan wilayah yang disesuaikan dengan potensi wilayahnya, baik SDA, SDM, maupun sumberdaya sosialnya.
- Dalam perspektif pengembangan wilayah, fungsi konsumsi masyarakat Y = 0,75 Y + 0,25 Y lebih baik dibandingkan Y = 0,85 Y + 0,15 Y.
- Industri berbasis sektor kehutanan merupakan industri yang tingkat multipliernya rendah karena hasil hutan kayu berupa log umumnya diekspor secara langsung.
- Kemiri, surian, mangga, rambutan, dan lain-lain merupakan jenis-jenis multi purpose tree species yang tidak cocok untuk dikembangkan dalam rangka pengembangan wilayah di kawasan sekitar hutan karena jenis-jenis tersebut miliknya sektor pertanian.
- Jelaskan kaitannya ilmu pengembangan wilayah dengan ilmu-ilmu lain dalam aplikasinya.
- Jelaskan fungsi pendapatan Y = C + S dalam perspektif pengembangan wilayah (kaitkan dengan daya beli masyarakat, perilaku konsumtif dan saving, pembentukan modal dan multiplier effect).
Pengawetan
Kayu
- Mengapa kayu perlu diawetkan?
- Bahan pengawet jenis apa yang cocok digunakan untuk mengawetkan kayu yang akan digunakan sebagai tiang di darmaga tepi laut? Jelaskan alasannya!
- Apa yang dimaksud dengan:
- Four week no-choice laboratory test of borate-treated rubberwoodchipboard exposed to 400 Formosan subterranean termites.
- Four week two-choice laboratory test of borate-treated rubberwoodchipboard exposed to 400 Formosan subterranean termites.
- Kriteria untuk menilai kayu awet atau tidak pada grave yard test salah satunya adalah kehilangan berat. Apa yang dimaksud grave yard test dan jelaskan teknis pengukuran kehilangan berat!
- Jelaskan dampak dari penggunaan bahan pengawet kayu!
- Jelaskan disertai dengan gambar perbedaan antara full cell process dengan empty cell process!
- Jelaskan peluang dan tantangan pengawetan kayu di Indonesia!
- Jelaskan metode pengawetan kayu sap replacement!
- Jelaskan istilah-istilah berikut ini dengan jelas dan tepat!
- Dipping/immersion
- Steeping
- Cold soaking
- Hot and cold bath
- Double diffusion process
- Osmose process
- Volume kayu yang diawetkan 10 m3, bak yang digunakan berukuran 4 x 5 x 1 m. Tinggi tumpukan kayu 62 cm. Jika diharapkan tinggi larutan 10 cm di atas tumpukan, maka berapa bahan pengawet yang harus dibuat?
- Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi biaya pengawetan!
- Jelaskan prinsip-prinsip dalam pengawetan kayu!
- Jelaskan peraturan pemerintah yang berkaitan dengan pengawetan kayu!
- Jelaskan tingkatan penetrasi bahan pengawet dalam kayu!
- Mengapa bahan pengawet mempengaruhi organisme sasaran?
- Jelaskan kelemahan uji lab.!
- Bagaimana peluang dan tantangan pengawetan kayu di Indonesia?
- Mengapa perlu dilakukan pengawetan kayu di Indonesia?
- Jelaskan metode pengawetan kayu yang dikenal oleh masyarakat!
Ilmu
Kerja Hutan
- a. Jelaskan pengertian ergonomik!
b.
Jelaskan kondisi lingkungan yang mempengaruhi aktivitas bekerja!
- Tuliskan tujuan time and motion study!
- Jelaskan definisi unjuk kerja dan bagaimana cara memperbaikinya!
- Jelaskan 3 kriteria yang dipandang baik sebagai pengukur yang baik tentang kebaikan suatu sistem kerja!
- Jelaskan tentang variabel yang berpengaruh terhadap motivasi!
- Waktu standard suatu pekerjaan adalah 8 jam. Tarif dasar adalah Rp. 5.000,- per unit. Upah tiap unit = Rp. 5.000,- x 8 = Rp. 40.000,-
Lengkapilah
Tabel Upah di bawah ini sesuai data di atas!
Waktu Kerja (Jam)
|
Tarif Unit Satuan (Rp.)
|
Upah Tiap Jam (Rp.)
|
1
|
40.000
|
…
|
2
|
40.000
|
…
|
3
|
40.000
|
…
|
4
|
40.000
|
…
|
5
|
40.000
|
…
|
6
|
40.000
|
…
|
7
|
40.000
|
…
|
8
|
40.000
|
5.000
|
9
|
40.000
|
…
|
10
|
40.000
|
…
|
11
|
40.000
|
…
|
12
|
40.000
|
…
|
- Upah kerja mingguan normal Rp. 200.000,- (40 jam), prestasi standard 4 unit/minggu. Jika di bawah standard upah Rp. 40.000,-/unit dan mencapai standard Rp. 50.000,-/unit. Lengkapilah upah pekerja di bawah ini (Upah Deferensial Taylor)!
Pekerja
|
Hasil/minggu
|
Tarif/unit
|
Pendapatan
|
A
|
3,4
|
|
|
B
|
3,8
|
|
|
C
|
5,0
|
|
|
D
|
4,0
|
50.000
|
200.000
|
E
|
7,0
|
|
|
F
|
9,0
|
|
|
G
|
6,8
|
|
|
- Upah normal/minggu Rp. 400.000,- (40 jam). Prestasi standard 8 unit/minggu (5 unit/jam). Premi diberikan untuk tiap jam lebih. Lengkapilah upah pekerja di bawah ini!
Pekerja
|
Hasil/minggu (unit)
|
Waktu/unit (jam)
|
Pengh. Waktu/unit (jam)
|
Jumlah pengh. Waktu
|
Upah dasar
|
Premi
|
Pendapatan
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
|
X
|
7,0
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
Y
|
8,0
|
5
|
-
|
-
|
400.000
|
-
|
400.000
|
Z
|
6,0
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
K
|
8,5
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
L
|
9,0
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
M
|
7,0
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
N
|
10
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
- Suatu perusahaan menerapkan sistem upah khusus, upah pekerja normal adalah Rp. 400.000,- (40 jam). Prestasi standard 8 unit/minggu (5 jam/unit). Lengkapi premi dan pendapatan tenaga kerja di bawah ini!
Pekerja
|
Hasil/minggu
(unit)
|
Waktu/unit
(jam)
|
Penghematan waktu/unit
|
Jumlah pengh. Waktu
|
Upah dasar
(Rp.)
|
Premi (Rp.)
|
Penghasilan/minggu (Rp.)
|
A
|
9,0
|
…
|
…
|
…
|
400.000
|
…
|
…
|
B
|
4,0
|
…
|
…
|
…
|
400.000
|
…
|
…
|
C
|
5,0
|
…
|
…
|
…
|
400.000
|
…
|
…
|
D
|
7,0
|
…
|
…
|
…
|
400.000
|
…
|
…
|
E*
|
8,0
|
5
|
|
|
400.000
|
…
|
400.000
|
F
|
6,0
|
…
|
…
|
…
|
400.000
|
…
|
…
|
G
|
10,0
|
…
|
…
|
…
|
400.000
|
…
|
…
|
H
|
12,0
|
…
|
…
|
…
|
400.000
|
…
|
…
|
- Apa yang dimaksud dengan:
- Produktivitas
- Rendemen
- Efisiensi
- Efektivitas
- Time study/formula untuk:
- Rotary Veneer
- Menyalakan Chainsaw
- Apa perbedaan pengukuran metode langsung dan tidak langsung?
- Apa yang anda ketahui mengenai K3?
Metodologi
Penelitian & Penulisan Ilmiah
1. Apa
yang dimaksud dengan penelitian?
2. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan Penelitian Dasar dan Penelitian Terapan!
3. Mengapa
dikatakan bahwa PERMASALAHAN ADALAH HULU DARI SUATU PENELITIAN?
4. Sebutkan
berbagai sumber yang dapat digunakan untuk mencari/menggali permasalahan
penelitian!
5. Apakah
setiap jenis penelitian HARUS ada hipotesis? Jelaskan!
6. Masalah
yang dipilih untuk penelitian selain mempunyai nilai ilmiah serta fisibel, juga
harus sesuai dengan kualifikasi si peneliti. Mengapa masalah penelitian harus
sesuai dengan kualifikasi peneliti? Jelaskan!
7. Sebagai
calon sarjana, skripsi dibuat sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar
Sarjana Kehutanan di Fakultas Pertanian USU. Untuk itu skripsi yang dihasilkan
haruslah memenuhi standard penulisan ilmiah yang berlaku di institusi terkait.
Susunlah
judul, pendahuluan (latar belakang, tujuan, manfaat, dan hipotesis), tinjauan
pustaka (3 alinea saja), dan daftar pustakanya yang kiranya merupakan rencana
penelitian saudara. Maksimum 2 halaman folio.
Tuliskan
sebaik mungkin isi berikut tanda-tanda baca yang telah diajarkan pada kertas
double folio yang telah disediakan. Perhatikan tanda-tanda baca karena
penilaian banyak mengarah pada tata cara penulisan ilmiah tersebut.
8. Jelaskan
apa yang dimaskud dengan teleology, pengetahuan, dan ilmu pengetahuan (sains)?
9. Mohr
(1977) menyatakah bahwa sains sebagai suatu usaha akal manusia yang tekun dan
teratur untuk menemukan pengetauan yang benar. Jelaskanlah pendapat Mohr
tersebut!
10. Buatlah
secara skematis langkah-langkah penelitian dan beri penjelasannya!
11. Ada
4 sarana berpikir yang diperlukan, sebutkan dan jelaskanlah keempatnya!
12. Jawaban
atas penelitian ilmiah harus dapat dipertanggungjawabkan. Untuk mendapatkan
jawaban tersebut harus menggunakan sistem. Keingintahuan akan penjelasan yang
benar merupakan cikal bakal sains (Mohr, 1977). Jelaskanlah pernyataan Mohr
(1977) tersebut!
Praktikum
Penggergajian Kayu
- Gambarkan headrig yang ada di workshop dan sebutkan bagian-bagiannya!
- Gambarkan mesin pembantu yang ada di workshop dan sebutkan bagian-bagiannya!
- Sebutkan nama panglong beserta alamat yang kelompok anda survei layout mesinnya!
- Sebutkan nama teman 1 kelompok pada laporan praktikum layout mesin penggergajian!
- Gambarkan layout mesin penggergajian yang disurvei oleh kelompok anda!
- Sebutkan jenis-jenis mesin beserta fungsinya pada panglong yang anda survei!
- Sebutkan tenaga penggerak yang digunakan pada industri penggergajian yang anda survei dan jelaskan apa saja keuntungan menggunakan tenaga penggerak jenis tersebut!
- Jelaskan kegiatan pengujian dan pengawasan mutu yang dilakukan pada industri penggergajian yang anda survei!
- Jelaskan analisis biaya industri penggergajian/pengolahan kayu/panglong yang telah anda survei (minimal 2 panglong)!
- Jelaskan cara pemanfaatan limbah industri penggergajian/pengolahan kayu/panglong yang telah anda survei (minimal 2 panglong)!
Agroindustri
1. Ada
beberapa definisi agroindustri. Kenapa definisi agroindustri IPB sangat berbeda
dengan definisi agroindustri yang lain. Jelaskan jawaban sdr. dengan contoh.
Menurut anda definisi yang mana yang cocok untuk Sumatera Utara dan yang mana
yang sesuai dengan Indonesia?
2. Gambarkan
bagan pengolahan kelapa sawit. Dalam bagan tersebut ditemukan hasil minyak di
berbagai hasil, baik hasil utama maupun hasil samping dan limbahnya. Berapa
besar rendemen minyak dan kadar minyak yang diperoleh? Jelaskan kenapa
demikian!
3. Jelaskan
prinsip pengolahan karet dan berikan contoh produknya. Kenapa nama produk
tersebut seperti itu? Jelaskan!
4. Jelaskan
kelemahan-kelemahan dan keunggulan-keunggulan agroindustri! Bagaimana prospek
pengembangannya di Indonesia untuk masa mendatang? Jelaskan!
5. Jelaskan
strategi pengembangan agroindustri di Indonesia! Apa kendalanya? Coba hubungkan
dengan krisis global sekarang!
6. Jelaskan
perbedaan antara pertanian dan industry ditinjau dari sektor-sektor bahan baku,
SDA, dan SDM!
7. Jelaskan
perbedaan antara aspek krisis dengan tantangan pada pengembangan agroindustri!
Berikan contoh!
8. Bagaimana
prospek pengembangan agroindustri hasil hutan di Indonesia untuk masa
mendatang? Jelaskan jawaban sdr. dengan contoh!
9. Berikut
adalah factor-faktor yang harus diperhatikan dalam hal pengadaan bahan baku,
kecuali:
a. Kualitas
bahan baku
b. Harga
rata-rata per satuan unit
c. Waktu
pemesanan harus dilakukan sesudah order point
d. Kontinyuitas
suplai bahan baku
10. Untuk
produk yang memiliki tingkat teknologi, keunikan dan harga tinggi, sebaiknya
strategi pemasaran harus dilakukan dengan:
a. Direct
selling
b. Distributor/dealer
resmi dengan jumlah terbatas
c. Distribusi
bebas dan terbuka
d. Multi
level marketing
11. Beberapa
langkah untuk meningkatkan efisiensi produksi pabrik antara lain, kecuali:
a. Mesin
diganti dengan menaikkan kapasitasnya
b. Beberapa
komponen produksi yang jumlahnya kecil tapi rumit di’outsourcing’kan
c. Penataan
alur kerja sesuai urutan proses pengolahan
d. Sistem
kerja shift
12. Berikut
ini merupakan karakteristik agroindustri, kecuali:
a. Bahan
baku atas produk umumnya memiliki bulkiness yang besar
b. Umumnya
volume pekerjaan dalam kegiatan industri besar
c. Umumnya
nilai ekonomi per satuan unitnya besar
d. Umumnya
bahan baku yang digunakan terkait dengan faktor musim
13. Berikut
ini merupakan karakteristik agroindustri, kecuali:
a. Tingkat
efisiensi dalam penggunaan bahan baku tinggi
b. Volume
kegiatan/pekerjaan umumnya besar
c. Jangka
waktu pengelolaan umumnya panjang (terutama di sektor hulu/on farm)
d. Dituntut
untuk selalu melakukan efisiensi penggunaan bahan baku akibat faktor kelangkaan
14. Berikut
ini merupakan alasan mengapa harus ada pengolahan terhadap barang/komoditi yang
berupa bahan baku:
a. Untuk
mendapatkan nilai diskonto
b. Untuk
mendapatkan multiplier effect ekonomi terhadap masyarakat sekitar
c. Untuk
mendapatkan pajak atas pertambahan nilainya
d. Untuk
memperluas pangsa pasar akan bahan baku tersebut
15. Pilihlah
di antara pernyataan berikut yang tidak benar
a. Ekstraktif
adalah proses industri yang bersifat mengambil sari pati dari suatu bahan baku
b. Peramuan adalah proses industri yang bersifat
menciptakan satu jenis produk dari berbagai jenis bahan baku
c. Penguraian
adalah proses industri yang bersifat menciptakan banyak jenis dari satu jenis
bahan baku
d. Pengolahan
adalah proses industri yang bersifat mengubah bentuk menjadi produk yang lebih
mudah dipasarkan/digunakan
16. Strategi
yang diperlukan dalam manajemen imput:
a. Menghitung
persediaan berdasarkan jumlah antisipatif terhadap fluktuasi permintaan yang
terjadi
b. Menghitung
persediaan berdasarkan musim yang terjadi
c. Menghitung
persediaan secara terus menerus berdasarkan data penjualan dan penambahan
persediaan
d. Menghitung
persediaan dengan selang waktu/periode tertentu
B-S
(Benar-Salah)
17. Karakter
petani kita yang suka meniru dapat dimanfaatkan dengan memasarkan produk
melalui pendekatan plot-plot percontohan.
18. Permasalahan
utama pada industri pengolahan hasil hutan non kayu seprti getah, rotan, bunga,
dan lain-lain adalah pada permintaan pasar yang menurun.
19. Konsep
agropolitan dikembangkan untuk merubah pedesaan menjadi kota metropolitan
berbasis kegiatan di sector industri jasa.
20. Perishability
yaitu tingkatan kerawanan komoditi industri terhadap kerusakan dan atau
penurunan kualitas.
21. Prose
pengolahan bertujuan untuk merubah waktu penjualan, meningkatkan nilai,
menambah jenis produk dan meningkatkan kualitas produk.
22. Industri
kehutanan merupakan industri yang proporsi (%) kontribusinya terhadap devisa
Negara sampai saat ini semakin besar.
23. Karet,
pinus, kemiri, durian, dan lain-lain merupakan jenis-jenis multi purpose
tree species yang cocok untuk dikembangkan dalam agroindustri kehutanan.
Essay
24. Uraikan
secara ringkas teknologi agroindustri yang anda kumpulkan dalam tugas paper
anda (+/- 1 halaman, gunakan bahasa anda sendiri, tapi substansi tulisannya harus
sesuai dengan paper anda).
Selamat Belajar ya.. Keep pRay :)
Sumber : HIMAS USU
Tidak ada komentar:
Posting Komentar