10 CARA MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK DENGAN TEMAN KERJA
Kita mungkin menghabiskan lebih
banyak waktu dengan teman-teman kerja dibanding keluarga di rumah setiap
harinya. Dari pagi sampai menjelang malam, merekalah orang-orang yang ada di
sekitarmu. Berikut ada tips untuk membangun jalinan hubungan baik dengan
teman-teman di kantor :
1.
Selalu jaga sikap positif
Stay positif. Kamu akan jadi mudah didekati dan diajak bicara
teman-teman kerjamu.
2.
Sapa semua orang dengan ucapan
“selamat pagi”
Ketika masuk kantor di pagi hari, tersenyumlah dan sapa semua
orang. Bersikap ramah dan terbuka bisa berbuah sangat manis.
3.
Balas e-mail dan angkat telepon
sesegera mungkin
Selalu balas e-mail dan pesan dari teman-teman kerja.
Usahakan juga untuk selalu mengangkat telepon mereka. Jangan sampai kamu
memberi kesan seolah-olah mereka nggak penting.
4.
Bangun kepercayaan
Kepercayaan dan kejujuran itu sangat penting dalam membangun
relasi yang baik. Jangan sungkan untuk bertanya pada teman kerja kalau kamu
nggak tahu cara mengoperasikan mesin fotokopi kantor atau hal-hal lainnya.
5.
Bantu teman kerjamu jika memungkinkan
Membantu teman kerja di luar bidangmu bisa membuka peluang
bagimu sekaligus meringankan beban teman kerjamu. Begitu juga ketika kamu butuh
bantuan mereka, mereka akan dengan senang hati membalas kebaikanmu.
6.
Hormati rekan kerjamu
Kamu berhadapan dengan bermacam macam tipe orang di kantor.
Terbukalah untuk belajar dari orang lain. Dengan menghormati teman-teman
kerjamu, kamu akan memahami cara pandang dan kebiasaan mereka di kantor
sehingga kamu bisa menghindari konflik dengan mereka.
7.
Belajar basa-basi
Tanyalah teman-teman di kantor soal hal-hal yang mereka sukai
seperti musik, film, buku, atau hobi. Kalau kamu sudah tahu apa saja yang
mereka sukai, kamu akan dengan mudah memulai percakapan dengan teman-teman
kerja.
8.
Kenali teman-teman kerjamu di luar
kantor
Sekali-kali kamu harus hang out dengan mereka di luar jam
kantor. Pergantian suasana itu juga penting untuk membangun chemistry supaya
kamu merasa nyaman dengan mereka.
9.
Cari tahu hal apa yang sama-sama
kalian sukai
Kamu dan teman kerja sama-sama rajin nge-gym ? atau kalian
hobi maraton drama korea ? apapun kesamaan kalian, kalian akan jadi lebih dekat
dan nggak akan sungkan satu sama lain.
10.
Jangan mengeluh tentang kerjaan di
depan teman-teman kerja
Semua memiliki kesulitannya masing-masing. Jadi kalau kamu
bisa mengerjakan sesuatu, kerjakan saja. Kalau nggak bisa, cobalah sampaikan
permasalahanmu dengan cara yang sehat dan baik.
Dengan menjalin hubungan yang baik dan positif dengan teman-teman kerja,
produktvitas dan kualitas team work di kantor juga akan meningkat.
Sumber : Popbela 2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar