Komoditas Hasil Hutan Non Kayu
1. Yang termasuk komoditas hasil hutan non kayu skala menengah yakni rotan, pinus, kayu putih, arwana, dan walet
2. Kunci keberhasilan promosi hasil hutan bukan kayu (HHBK) terdiri dari :
- Informasi dan peningkatan kapasitas melalui pengelolaan informasi dan pembelajaran yang terus menerus
- Kepemimpinan merupakan ketokohan untuk melakukan berbagai terobosan dalam memanfaatkan berbagai peluang pasar, memaksimumkan potensi dan menemukan strategi yang tepat menanggapi berbagai situasi yang menghambat
3. Keterbatasan perilaku industri hilir yang masih dikuasai negara pengimpor :
- Struktur pasar internasional cenderung oligopsonik
- Kentalnya peran pengepul (agen) di negara produsen
- Belum mantap standarisasi produk HHBK primer
4. Untuk sementara pengembangan hanya dapat dilakukan pada produk bahan mentah dan industri primer saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar